gravatar

"Kampanye Hak Asasi Manusia (HAM) 2010 bagi Pelajar SMA se-DKI Jakarta"


Jakarta (ANTARA) - Ribuan pelajar SMA se-DKI Jakarta memenuhi stadion bulu tangkis Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu melakukan "Kampanye Hak Asasi Manusia (HAM) 2010 bagi Pelajar SMA se-DKI Jakarta" untuk memperingati Hari HAM sedunia yang jatuh pada Jumat (10/12).

"Ini untuk menyebarluaskan nilai-nilai HAM sejak dini," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Bambang Rantam, di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu. Bambang Rantam mengatakan ada sekitar 100 SMA se-DKI Jakarta yang ikut mengkampanyekan HAM ini.

Tema yang diambil dari kampanye HAM ini yakni "Melalui Kampanye Hak Asasi Manusia Kita wujudkan Pemahaman, Pemajuan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia Bagi Warga DKI Jakarta".

Dalam kesempatan tersebut , siswa-siswi SMA se-DKI Jakarta tersebut membacakan "Deklarasi HAM untuk Semua Tahun 2010" yang dipimpin oleh perwakilan siswa-siswi berpreastasi dari beberapa sekolah.

Deklarasi tersebut terdiri atas tiga sikap pelajar Republik Indonesia untuk HAM yakni, menjunjung tinggi persamaan hak dan martabat manusia, menolak segala bentuk pelanggaran terhadap HAM di mana pun, dalam bentuk apa pun, dan oleh siapa pun, dan menjadikan nilai-nilai HAM sebagai perekat kesatuan dan persatuan dalam penghormatan terhadap HAM.

"Kampanye HAM 2010 Bagi Pelajar se-DKI Jakarta" tersebut dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, anggota Komisi III DPR , dan jajaran Kementerian Hukum dan HAM.

Kampanye HAM 2010 tersebut diawali dengan persembahan marching band dari Sekolah Ilmu Kepemasyarakatan, yang disambut tepuk tangan dan sorakan ribuan pelajar SMA se-DKI Jakarta.

Pemutaran film pendek tentang HAM yang menampilkan potongan-potongan video bencana akibat pembalakan liar serta peristiwa-peristiwa berdarah seperti yang terjadi di makam Mbah Priok, penandatanganan deklarasi, hingga pembentangan spanduk berukuran besar bertuliskan "Hak Asasi Manusia Untuk Semua" yang merupakan karya pelajar juga dilakukan dalam kampanye tersebut.

Para pelajar dan pejabat negara yanghadir juga dihibur oleh band Waru yang anggotanya merupakan mantan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kebon Waru Bandung dengan lagu" Mengejar Matahari " yang dipopulerkan Ari Lasso dan Bento yang dipopulerkan Iwan Fals.

Popular Posts