gravatar

Kahlil Gibran


Kahlil Gibran bernama lengkap Gibran Kahlil Gibran bin Mikhael bin Saâd. Lahir 6 Januari 1883 di daerah Bsharri, Lebanon, di mana Lebanon waktu itu masih merupakan bagian dari Syria, dan Syria masih bagian dari Kekhalifahan Ottoman Turki. Selain dikenal sebagai sastrawan ternama bersama William Shakespeare dan Lao Tse, Kahlil Gibran juga dikenal sebagai filosof, teolog, dan penulis.



Masa kecil di Lebanon, Syria, KOT
Hidup Kahlil Gibran memang lebih banyak dijalani di Amerika, akan tetapi jejak hidupnya tetap saja berangkat dari Lebanon. Kahlil Gibran lahir 6 Januari 1883 dalam keluarga Kristen Maronit di Bsharri, Lebanon daerah utara. Kakeknya dari garis ibu adalah seorang pendeta Kristen Maronit di kota yang mayoritas penduduknya beragama Kristen Maronite itu. Beliau tidak mengenyam pendidikan formal di masa kecilnya, mengingat kondisi perekonomian keluarganya yang kekurangan. Akan tetapi, para pendeta sering mengajarinya tentang Alkitab, bahasa Arab, bahasa Syria.

Ayah Kahlil Gibran, yang bekerja sebagai seorang tax collector, suatu ketika dituduh melakukan pengelapan pajak hingga akhirnya dijebloskan ke dalam penjara. Sesuai hukum yang berlaku di Kekhalifahan Ottoman Turki waktu itu, harta kepemilikan keluarga kemudian disita untuk kerajaan. Beberapa waktu kemudian, Kahlil Gibran, ibu, Peter(adik laki-laki), dan Mariana dan Sultana (kedua adik perempuannya), berangkat ke New York pada 25 Juni 1895. Kahlil Gibran berumur 12 tahun waktu itu.

Hidup di United States of America
Di Amerika, Kahlil Gibran muda dan keluarga tinggal di kawasan pemukiman warga Amerika keturunan Lebanon terbesar kedua di Amerika, Boston's South End. Untuk memenuhi kebutuhan keluarga, ibunya bekerja berjualan barang-barang seadanya pinggir-pinggir jalan, juga menjual tali dan kain (eng:lace and linens) dari rumah ke rumah.

Kahlil Gibran muda mulai bersekolah di tahun kedatangannya di Amerika, tepatnya pada 30 September 1895. Beliau ditempatkan di kelas khusus imigran untuk belajar bahasa Inggris. Oleh guru bahasa Inggrisnya, nama Lebanonnya yang "asli" didorong untuk di”inggris”kan agar lebih mudah beradaptasi, lantas tercetuslah nama yg sekarang dikenal orang: Kahlil Gibran.

Kahlil Gibran juga bergabung dgn kelompok kesenian di sekitar tempat tinggalnya. Dari guru seninya di tempat itu, Kahlil Gibran dikenalkan ke seorang artis, fotografer, dan penerbit (eng:publisher), Fred Hollland Day, yg lantas mendorong Kahlil Gibran untuk lebih “memamerkan” kreativitasnya. Di tahun 1898, seorang penerbit menggunakan salah satu karya Kahlil Gibran menjadi cover bukunya.

Di usia 15 tahun, Kahlil Gibran kembali ke Lebanon untuk bersekolah lagi. Kali ini kembali ke tanah kelahirannya, Lebanon. Sekolahnya adalah sekolah yang dikelola oleh Kristen Maronite di Beirut. Di tempat itu, Kahlil Gibran dijuluki sebagai “syairnya kampus” (eng:college poet). Beliau bersekolah dan tinggal di sana hingga kembali lagi ke Boston tahun 1902.

Sekembalinya ke Amerika, di tahun 1904, Kahlil Gibran menggelar pameran perdana karya-karya lukisnya di Day’s Studio, Boston. Hari berlanjut hari, karya-karya ternama terus menerus lahir dari beliau, hingga meninggal pada 120 April 1931 di New York.

Artikel ini merupakan rangkuman dgn dasar sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Kahlil_Gibran
YouTube.com
http://www.gibranarchive.com/
http://tyros.leb.net/gibran/

Popular Posts